Selasa, 18 September 2018

Kota Gresik (Budaya, Makanan, Ciri Khas)



Gresik adalah kota yang terletak di sebelah utara kota Surabaya. Bagian dari provinsi Jawa Timur. Merupakan daerah yang mempunyai banyak sejarah dan tradisi. Disanalah saya dilahirkan dan dibesarkan, dan disini saya akan menjelaskan tentang tanah kelahiran ku itu.



1. Budaya Kota Gresik
Gresik di kenal dengan budayanya yang terus berjalan dan turun temurun dari generasi ke generasi, contoh saja pasar bandeng dan malam slawe. Pasar bandeng merupakan tradisi atau kegiatan para masyarakat gresik untuk menyambut hari raya idul fitri, namun yang ikut merayakan juga bukan masyarakat Gresik saja melainkan juga masyarakat dari kota-kota tetangga, seperti , Lamongan, Sidoarjo, Mojokerto dan kota sekitarnya. antusias warga memeriyahkan adanya tradisi pasar Bandeng, Dan selain tradisi pasar bandeng, juga ada tradisi malam selawe yang sudah berlangsung sejak lama dan tidak di ketahui mulai kapan berlangsung, dan masyarakat melangsungkan tradisi tersebut hingga sekarang, dan tradisi ini selain malam untuk mencari lailatul kaddar malam selawe juga digunakan para peziarah untuk berziarah ke Makam Sunan Giri, dan di sana banyak sekali dari berbagai daerah berdatanga, dan juga dari berbagai usi, acara ini di adakan pada hari ramadhan ke-24 sebelum malam ke-25.

2.   Makanan Kota Gresik
Gresik mempunyai makanan cirikhasnya yang sudah di kenal luas yaitu nasi krawu, makanan ini berisi srundeng biasanya ada dua warna, sambal yang ekstra pedas dan serutan daging dan jika ada juga jeroan menyertainya, serutan daging inilah yang menjadi cirikhasnya, dan dimakan dengan nasi yang pulen atau nasi yang teksturnya lemas dan lembut, dan selain nasi krawu ada juga olahan bandeng yaitu otak-otak, dan pudak yang selalu menjadi oleh-oleh khas Kota Gresik.
Nasi Krawu
Nasi Krawu
Pudak
Pudak
Otak-Otak
Otak-Otak

3. Ciri Khas Kota Gresik
Setiap kota mempunyai ciri khas sendiri-sendiri, dan kota Gresik mempunyai ciri khasnya yang sudah dikenal setiap orang dari segala penjuru yang pernah berkelana di kota Gresik, yaiti di dalam ruang lingkup kota ini selalu terdpat banyak sekali bermacam-macam industri dari industri rumahan sampai industri pertamina yang sudah internasional, dan industri yang paling mencolok di sana yaitu Semen Gresik, yang produknya sudah dipakai seluruh masyarakat indonesia, oleh karena itu kota Gresik biasa disebut kota industri.
Selain mempunyai ciri khas kota industri Gresik juga sering di sebut kota santri, dan kota pudak, apalagi Gresik saat ini menambah fasilitas-fasilitas baru yang masi dalam tahap proses pembangunan, seperti pelabuhan internasional dan stadion.
Berikut merupakan artikel mengenai  (Budaya, Makanan, Ciri Khas) kota kelahiran saya yaitu Kota
Gresik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Perkembangan Teknologi Informasi di Era Modern

Di masa sekarang,kita semua pasti tahu bahwa kemajuan teknologi sangat pesat kemajuan ini tentunya membawa banyak perubahan terhadap kebu...

Jati diri